Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan bayi yang baru lahir pada awalnya bisa sulit, terutama jika bayi baru lahir Anda tampaknya tidak senang saat mandi. Beberapa langkah sederhana dapat membuat waktu mandi menyenangkan dan mudah bagi Anda dan bayi Anda.

Seberapa sering memandikan bayi Anda yang baru lahir?

Mandi 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga bayi Anda tetap bersih. Tetapi jika bayi Anda benar-benar suka mandi, Anda bisa memandikannya sekali sehari. Mandi lebih dari ini dapat mengeringkan kulit bayi Anda.

Anda dapat menjaga alat kelamin bayi Anda tetap bersih di antara mandi dengan menggunakan air hangat dan kapas.

Sekitar 5-10 menit cukup lama untuk mandi bayi yang baru lahir. Ini sangat penting jika bayi Anda memiliki kulit kering atau sensitif.

Kapan harus memandikan bayi Anda yang baru lahir?

Anda dapat memandikan bayi kapan saja sepanjang hari. Sebaiknya pilih waktu ketika Anda santai dan Anda tidak akan terganggu. Dan yang terbaik adalah menghindari memandikan bayi Anda saat dia lapar atau langsung setelah menyusu.

Jika bayi Anda suka mandi dan tampaknya membuatnya rileks, Anda dapat menggunakan mandi sebagai cara untuk membantu menenangkannya agar tidur di malam hari.

Dimana memandikan bayi Anda yang baru lahir?

Anda dapat memandikan bayi Anda di bak mandi plastik kecil atau bahkan di wastafel dapur. Wastafel dapur mungkin paling mudah dalam beberapa minggu pertama. Mandi bayi plastik mungkin merupakan pilihan terbaik begitu bayi Anda bertambah besar.

Anda dapat memandikan bayi Anda di ruangan yang hangat, aman, dan bersih – tidak harus dengan kamar mandi.

Anda juga bisa mandi dengan bayi Anda. Jauhkan wajah bayi Anda dari air yang menuangkan dan pastikan untuk menggunakan air hangat, bukan panas.

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Inilah cara bersiap-siap untuk tips memandikan bayi yang baru lahir:

  • Lepaskan ponsel dari kait atau matikan ponsel Anda saat memandikan bayi. Anda tidak akan terlalu terganggu.
  • Pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan – misalnya, handuk, waslap, lotion, pakaian bersih dan popok bersih. Hindari menggunakan sabun karena ini akan mengeringkan kulit bayi Anda. Jika perlu, gunakan pembersih lembut non-sabun atau minyak bebas pewangi.
  • Posisikan bak mandi di tempat yang stabil dan di ketinggian tempat Anda dapat menggendong bayi dengan nyaman. Meja dapur seringkali merupakan yang terbaik.
  • Isi bak mandi dengan sekitar 5 cm air untuk bayi hingga enam bulan. Gunakan kendi air untuk mengisi bak mandi jika Anda berencana untuk memandikan bayi Anda jauh dari keran.
  • Buka jam tangan dan perhiasan Anda dan cuci tangan Anda.
  • Periksa suhu air 37-38 ° C sebelum Anda memasukkan bayi Anda. Jika Anda tidak memiliki termometer, gunakan pergelangan tangan atau siku Anda untuk menguji suhu – itu seharusnya hangat, nyaman, tidak panas.
  • Sebelum memandikan bayi Anda di wastafel, tuangkan air dingin secara singkat melalui keran setelah Anda selesai mengisi bak mandi.
  • Jangan tambahkan air tambahan saat bayi Anda sedang mandi.

Baca Juga: Tips Bayi dan Kulit

This entry was posted in Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *