Pijat Bayi: Manfaat dan Langkah – Langkah Yang Tepat

Pijat bayi memiliki beragam manfaat. Dengan setiap stroke lembut, bayi Anda akan merasa diasuh dan dicintai, memperkuat ikatan antara Anda berdua. Pijat juga akan membuat bayi Anda merasa lebih rileks, yang dapat meningkatkan kualitas tidurnya.

Beberapa penelitian menunjukkan pijat bayi bahkan mungkin mendorong pertumbuhan yang sehat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Kami telah menyusun panduan praktis tentang manfaat dan teknik. Ini akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang pijat bayi.

Ikatan melalui pijat bayi

Pijat bayi adalah cara terbaik untuk mendekatkan Anda dan si kecil. Kepercayaan dan komunikasi berkembang saat Anda berinteraksi dengan bayi Anda. Sentuhan Anda yang menenangkan akan membuat bayi Anda merasa dicintai dan diperhatikan juga.

Bayi Anda juga akan merasa santai saat dipijat. Laporan anekdotal menunjukkan relaksasi ini dapat membantu meningkatkan tidur mereka, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Manfaat kesehatan dari pijat bayi

Menurut Asosiasi Pijat Bayi Internasional (IAIM), pijat bayi dapat membantu merangsang sistem sirkulasi dan pencernaan. Ini mungkin, pada gilirannya, membantu beberapa bayi dengan kondisi seperti:

  • gas
  • kram
  • sakit perut
  • sembelit

Pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri tumbuh, dan rasa tidak nyaman tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan bayi prematur.

Namun, tinjauan sistematis Cochrane menemukan sedikit bukti untuk manfaat yang dilaporkan ini. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim ini.

Jika bayi Anda memiliki masalah kesehatan, Anda harus berbicara dengan dokter mereka terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Anda harus memijat bayi Anda.

Kapan mulai pijat bayi

Kami menyarankan agar orang tua memperkenalkan sentuhan segera setelah bayi lahir.

Banyak ibu dan ayah suka melakukannya dengan menempatkan bayi mereka di dada mereka, kulit telanjang ke kulit telanjang. Ini dikenal sebagai perawatan kulit-ke-kulit atau perawatan kangguru. Saat Anda memegang bayi dengan erat, perlahan-lahan mulailah membelai kaki dan punggung mereka. Kemudian pindah ke area lain seperti lengan.

Setelah beberapa minggu pertama kelahiran, Anda dapat mulai memijat bayi Anda. Namun, pastikan untuk mengikuti suasana hati bayi Anda. Bayi Anda harus tenang, waspada, dan puas saat Anda siap memijat mereka. Jangan pernah melakukan teknik pemijatan yang tampaknya membuat bayi Anda tidak nyaman.

Ini bukan waktu terbaik untuk pijat ketika bayi Anda memalingkan kepala dari Anda atau menegang lengan mereka, menurut Mayo Clinic. The Mayo Clinic juga menyarankan untuk menunggu setidaknya 45 menit setelah menyusui. Melakukan pijatan bayi terlalu cepat setelah mereka makan dapat menyebabkan muntah.

Seberapa sering melakukan pijatan bayi

Seberapa sering Anda memijat bayi tergantung pada Anda dan bayi Anda. Beberapa orang tua memijat bayinya setiap hari, sementara yang lain memijat anak-anak mereka setiap hari.

Anda dapat memijat bayi Anda di pagi hari untuk memulai hari atau malam hari sebelum tidur untuk membantu menenangkan bayi Anda. Perhatikan isyarat bayi Anda untuk membantu menentukan rutinitas pijat terbaik.

Teknik memijat bayi Anda

Berikut adalah beberapa tips dan teknik yang akan membantu Anda dan bayi Anda memanfaatkan waktu pijat dengan sebaik-baiknya.

Suasana yang nyaman sangat penting

Pijat bayi Anda di tempat yang hangat dan tenang.

Pastikan Anda dan bayi berada di tempat yang nyaman. Tempatkan mereka di atas handuk di punggung mereka sehingga mereka dapat mempertahankan kontak mata. Ini bisa di meja ganti mereka atau di tempat tidur Anda. Beri tahu mereka waktu memijat saat Anda membuka pakaian mereka.

Mulai dengan lambat

Tempatkan bayi Anda di punggung mereka dan mulailah dengan perlahan menggosok setiap bagian tubuh. Sentuhan Anda harus lembut pada awalnya.

Luangkan waktu untuk menggosok masing-masing bagian tubuh mereka, mulai dengan kepala mereka dan secara bertahap turun ke kaki mereka. Tidak ada waktu khusus yang disarankan untuk pijat. Setiap bagian dari pijatan harus berlangsung selama Anda dan bayi Anda menikmatinya.

Anda juga dapat mencoba meletakkan bayi di atas perut mereka untuk pijatan singkat, meskipun beberapa bayi mungkin tidak suka perutnya terlalu lama.

Baca Juga: Apa Itu Dermatitis?

Ulangi semuanya lagi

Jika Anda dan bayi Anda menikmati pijatan, lanjutkan dengan mengulangi gerakan menggosok, mulai lagi dari kepala mereka dan bergerak ke bawah menuju kaki mereka.

Terus berbicara

Selalu berkomunikasi dengan bayi Anda selama pijatan. Ulangi nama mereka dan kata “santai” untuk membantu mereka tenang.

Anda juga dapat menceritakan sebuah kisah atau menyanyikan lagu anak-anak favorit mereka saat Anda bergerak di sekitar tubuh mereka.

This entry was posted in Bayi, Kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *