Penyebab Gatal Pada Kulit Yang Tak Kunjung Sembuh

Mengelola Gatal

Kulit gatal kronis adalah gejala universal dari sebagian besar jenis eksim. Gatal dari eksim berbeda dengan gatal dari gigitan serangga atau poison ivy. Karena itu, obat-obatan yang umum digunakan untuk gatal, seperti antihistamin, tidak bekerja dengan baik pada gatal yang berhubungan dengan eksim.

Bagi banyak orang, gatal kronis akibat eksim lebih dari sekadar masalah fisik. Orang dengan kulit gatal kronis lebih cenderung mengalami masalah tidur yang buruk, dan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Menurut peneliti, gatal gatal dan nyeri memiliki hubungan yin-yang. Saat nyeri hadir, rasa gatal mereda. Itulah mengapa menggaruk bisa meredakan rasa gatal pada kulit karena menyebabkan nyeri ringan.

Mengobati kulit gatal

Langkah pertama untuk mengatasi kulit gatal adalah mengurangi risiko terjadinya gatal. Ini dapat dilakukan melalui rutinitas mandi dan pelembab setiap hari dan menggunakan obat resep sesuai resep. Terapi bungkus basah juga membantu mengontrol rasa gatal. Di luar mandi, oleskan pelembab yang mengisi lapisan pelindung kulit secara konsisten dan bebas sepanjang hari.

Pengobatan alami untuk meredakan gatal termasuk berendam di bak mandi dengan oatmeal atau soda kue. Ini juga bisa dioleskan langsung ke kulit dalam bentuk pasta.

Meskipun antihistamin tidak menghentikan sensasi gatal, antihistamin mungkin disarankan untuk membantu penderita eksim tertidur. Sarung tangan katun atau pemotongan kuku jari pendek dapat membantu melindungi kulit dari garukan di malam hari. Kortikosteroid OTC juga dapat membantu mengatasi rasa gatal ringan.

Baca Juga: Discoid Eczema: Penyebab dan Gejala

Obat topikal dan imunosupresan mengurangi gejala gatal seperti halnya fototerapi. Pada kasus yang parah, penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan mirtazapine, antidepresan yang efektif meredakan gatal di malam hari; pramoxine, anestesi topikal; atau antibiotik oral tertentu yang digunakan untuk infeksi kulit.

Sebisa mungkin, usahakan untuk tidak menggaruk kulit yang terkena eksim secara berlebihan. Terlalu banyak menggaruk dapat menyebabkan lebih banyak ruam, kulit menebal, dan infeksi jika permukaan kulit rusak. Menggaruk juga dapat memicu “siklus gatal-garuk” yang menyebabkan lebih banyak rasa gatal.

10 tips untuk meredakan gatal

  1. Gunakan pembersih kulit dengan pH rendah
  2. Gunakan kompres dingin
  3. Pahami dan hindari pemicu gatal Anda
  4. Jepit dan tepuk bagian kulit yang gatal (bukan menggaruk)
  5. Mandi cuka sari apel atau encerkan dan tambahkan ke kompres dingin
  6. Kenakan pakaian lembut, bernapas, dan alami di samping kulit Anda
  7. Hindari duduk di atas rumput, kursi plastik, atau karpet dan kain pelapis kasar dengan kaki telanjang
  8. Cobalah akupunktur
  9. Lakukan terapi bungkus basah
  10. Lembapkan secara rutin sepanjang hari dengan salep atau krim yang mengandung ceramide

This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *