Ini Dia Gejala tipes Mulai dari yang Paling Ringan Hingga yang Paling Parah

Kondisi kesehatan erat kaitannya dengan gaya hidup. Semakin sehat gaya hidup yang dijalani maka akan semakin baik pula kondisi kesehatan. Sayangnya menjalani gaya hidup sehat tak selalu semudah yang dibayangkan.

gejala tipes

Tipes atau Tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kebanyakan penyebab umumnya adalah kelelahan dan kurang istirahat.

Berbagai hambatan bisa datang ketika hendak menerapkan gaya hidup sehat, utamanya bagi para freelancer. Jadwal kerja yang tak menentu membuat tubuh sulit mendapatkan waktu istirahat yang teratur. Kadang kala asupan makanan yang dikonsumsi juga tak diperhatikan.

Ketika asupan makanan tak diperhatikan baik dari segi kebersihan, kandungan gizi, hingga jadwal konsumsinya itu sama saja Anda membuka jalan bagi masuknya berbagai penyakit. Salah satu yang paling rentang menyerang para freelancer dengan pola hidup tak menentu adalah gejala tipes.

Gejala tipes seringkali disepelekan karena mirip dengan gejala penyakit-penyakit lain yang lebih ringan. Berikut adalah beberapa gejala yang sering muncul pada penderita tipes:

Demam Tinggi

Pada fase awal penderita pasti akan mengalami demam yang cukup tinggi. Suhu tubuh cenderung naik pada sore hingga malam hari. Sementara pada siang hari agak mereda, walau penderita akan tetap merasa tubuhnya tak nyaman.

Lamanya demam terjadi sangat bergantung pada kondisi penderita. Anda bisa mencoba memberikan obat penurun panas sebagai pertolongan pertama. Tapi pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika demam terus muncul lagi.

Berkeringat Berlebih

Gejala tipes berikutnya adalah penderita cenderung mengeluarkan keringat berlebih. Keringat yang keluar adalah keringat dingin yang membuat suhu tubuh penderita jadi semakin tidak stabil. Kondisi ini biasanya semakin parah pad malam hari, bahkan tak jarang hingga membuat penderita menggigil.

Jika Anda demam tinggi lebih dari 2 hari dan sering berkeringat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ada banyak kemungkinan penyakit yang terjadi dengan gejala seperti ini.

Nyeri Otot dan Sendi

Ketika dalam keadaan demam tinggi biasanya penderita tipes juga akan mengelami nyeri otot dan sendi. Rasa nyeri ini benar-benar membuat penderita tak nyaman hingga tak bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Jika sudah sangat parah penderita mungkin memerlukan rawat inap di rumah sakit.

Rawat inap dimaksudkan agar kondisi penderita tipes bisa selalu dipantau oleh tenaga medis. Selain itu penderita juga bisa segera mendapatkan semua tindakan medis yang dibutuhkan, termasuk pemasangan selang infus dan lain-lain.

Sakit Perut

Munculnya gejala tipes berkaitan erat dengan banyknya virus yang masuk ke sistem pencernaan. Maka tak heran jika penderita akan merasa sakit perut, mulai dari rasa nyeri yang membuat tak nyaman hingga diare.

Para freelancer seringkali tak sadar bahwa sakit perut yang mereka derita merupakan salah satu gejala tipes. Gejala seperti ini memang mirip dengan diare, sakit maag, dan berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan.

Kehilangan Nafsu Makan

Semua gejala yang disebutkan di atas tentunya membuat penderita merasa sangat tidak nyaman. Jadi bukan hal yang sulit dipahami jika penderita sampai kehilangan nafsu makan. Beberapa penderita bahkan jadi mual dan muntah ketika makan.

Ketika penderita sudah sampai mual dan muntah maka sangat perlu untuk segera dibawa ke rumah sakit. Jika dibiarkan penderita bisa mengalami dehidrasi yang membahayakan nyawanya. Ketika dibawa ke rumah sakit dalam kondisi seperti ini mungkin penderita akan disarankan untuk melakukan rawat inap. Kalaupun tidak, minimal penderita perlu mendapatkan asupan infus.

Sakit Kepala

Gejala tipes terakhir yang jarang disadari adalah sakit kepala. Pada kondisi yang sangat parah sakit kepala ini akan sangat menyiksa, bahkan sampai penderita tak sanggup bangun dari tempat tidur. Sakit kepala pada penderita tipes juga bisa muncul karena tekanan darah yang menurun drastis.

Pertolongan pertama pada penderita yang mengalami sakit kepala akut adalah dengan memberikan obat yang mengandung pereda nyeri. Namun jika gejala tipes ini terus berlanjut maka harus langsung segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Para freelancer seringkali ragu untuk menjalani rawat inap di rumah sakit karena kekhawatiran akan biaya. Kekhawatiran ini memang bisa dipahami mengingat freelancer tak punya asuransi pemberian kantor yang siap melindungi. Karena itulah sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik sendiri.

Asuransi kesehatan terbaik yang cocok untuk para freelancer adalah yang bisa melindungi saat harus melakukan rawat inap. Jadi, ketika harus rawat inap tak ada kekhawatiran yang lebih besar dari kondisi kesehatan yang sedang menurun.

Mega Hospita Investa adalah asuransi kesehatan terbaik yang sangat cocok untuk Anda yang berpofesi sebagai freelancer. Tersedia 4 plan yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi finansial Anda. Sementara manfaatnya dijamin Anda jadi bebas khawatir ketika harus dirawat di rumah sakit. Cukup bayar premi dengan disiplin dan Anda akan dapat uang santunan harian selama Anda dirawat inap. Menyenangkan, bukan?

This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *