Apa Itu Double Claim Asuransi Rawat Inap?

Jatuh sakit sampai harus dirawat inap adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Bagaimana tidak, ketika dirawat di rumah sakit otomatis semua kegiatan harus tertunda. Belum lagi memikirkan biayanya yang tidak murah.

Biaya kesehatan di Indonesia memang cenderung naik dari tahun ke tahun. Keberadaan asuransi rawat inap tak lantas menyelesaikan masalah, apalagi jika plafonnya rendah. Pasalnya pasti ada saja kelebihan biaya yang harus dilunasi menggunakan uang pribadi.

Banyak orang tidak merasakan manfaat asuransi dengan maksimal karena asal tergiur oleh asuransi rawat inap murah. Akibatnya apa saja manfaat yang diterima jadi kurang diperhatikan dan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.

Hati-hati dalam memilih asuransi sangat penting. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih asuransi kesehatan:

Baca Juga: Manfaat Memilih Asuransi yang Tepat

Pilih Asuransi Rawat Inap Terbaik yang Memiliki Banyak Rumah Sakit Rekanan

Ketika memilih asuransi, sangat penting untuk mencari tahu mana saja yang menjadi rekanannya. Setidaknya pastikan rumah sakit yang menjadi langganan Anda tercatat sebagai rekanan. Semakin banyak daftar rekanan maka Anda sebagai nasabah akan semakin dimudahkan.

Rekanan rumah sakit yang terlalu terbatas akan membuat Anda kurang leluasa ketika hendak berobat. Tak sekedar memudahkan dalam nasabah untuk memperoleh tindakan medis yang diperlukan, banyaknya rekanan juga menunjukkan kredibilitas dari sebuah perusahaan asuransi.

Adapun penggunaan asuransi kesehatan di rumah sakit bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni sistem cashless dan reimbursement. Apa perbedaannya?

Asuransi rawat inap cashless adalah cara baru yang sudah diterapkan oleh banyak perusahaan asuransi modern. Anda sebagai pengguna tinggal memberikan kartu asuransi ke pihak rumah sakit dan masalah pembayaranpun bisa selesai tanpa perlu mengeluarkan uang cash sama sekali. Sementara untuk reimbursement Anda akan membayar ongkos rumah sakit mengguakan uang sendiri terlebih dahulu dan nantinya bisa mengajukan klaim penggantian.

Pilih Asuransi Rawat Inap yang Harga Preminya Sesuai Budget

Harga asuransi kesehatan cukup beragam. Perbedaan harga tersebut dipengaruhi oleh jenis asuransi kesehatan yang dipilih, jenis manfaat yang diterima, dan juga besarnya uang pertanggungan yang akan diterima nasabah.

Tanpa mengabaikan kualitas, pilihlah asuransi yang harga preminya sesuai budget. Biasanya untuk 1 jenis asuransi perusahaan akan menawrkan beberapa pilihan harga. Semakin besar premi yang dibayarkan akan semakin besar pula uang pertanggungan yang diterima.

PFI Mega Life, misalnya, untuk asuransi rawat inapnya perusahaan ini menawarkan 3 pilihan premi. Hal itu dimaksudkan agar semua lapisan masyarakat bisa mengaksesnya. PFI Mega Life berkomitmen untuk melindungi mimpi semua nasabahnya.

Pilih Asuransi Rawat Inap yang Memungkinkan Dilakukannya Double Claim

Double claim adalah fasilitas yang disediakan oleh asuransi tambahan. Asuransi tambahan sendiri adalah asuransi lain yang dimiliki selain BPJS atau asuransi yang diberikan oleh tempat kerja. Fuungsi double claim adalah untuk menghindarkan Anda dari nombok.

Seringkali ditemukan kasus ketika BPJS atau asuransi kantor tidak mengcover keseluruhan tagihan rumah sakit. Misalnya ketika Anda dirawat inap biaya kamar per harinya adalah Rp. 500.000,- per hari. Sementara sesuai kesepakatan asuransi utama hanya bisa mengcover biaya kamar Rp. 300.000,- per hari.

Jika tak punya asuransi tambahan maka pada kasus di atas Anda harus merogoh kocek pribadi sebesar Rp. 200.000,- per harinya. Sementara jika punya asuransi tambahan Anda hanya perlu mengajukan double claim.

Sayangnya tak semua produk asuransi mendukung kebutuhan nasabahnya untuk melakukan double claim. Jadi, ketika Anda hendak memutuskan untuk membeli asuransi pastikan produk yang hendak Anda beli memungkinkan untuk dilakukannya double claim.

Setelah memastikan produk asuransi rawat inap yang bisa Anda pilih bisa untuk double claim, pastikan juga proses pengajuannya tidak sulit. Pada umumnya berkas yang dibutuhkan untuk double claim adalah sebagai berikut:

  • Rincian tagihan biaya rumah sakit yang dicover oleh asransi utama
  • Fotokopi rincian tagihan biaya rumah sakit
  • Hasil uji laboratorium yang berhubungan dengan proses pengobatan
  • Form pengajuan claim asuransi rawat inap atau asuransi kesehatan lainnya

Beberapa perusahaan asuransi mungkin memiliki kebijakan yang berbeda. Jadi, pastikan kemudahannya sebelum Anda menandatangani polis.

Mega Hospita Investa adalah salah satu asuransi rawat inap yang juga menjadi salah satu produk unggulan PFI Mega Life. Asuransi ini memberikan manfaat dengan jumlah yang cukup besar dan sistemnya adalah santunan rawat inap.

Manfaat yang diberikan oleh asuransi Mega Hospita Investa akan membebaskan Anda dari kekhawatiran harus nombok saat harus dirawat inap. Harga preminya juga bisa disesuaikan dengan budget Anda karena terdapat 3 pilihan harga premi. PFI Mega Life dengan semua produknya selalu siap melindungi rencana masa depan Anda dan seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anak Muda Tak Mau Pakai Asuransi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *