Apa Itu Dermatitis?

Dermatitis mengacu pada berbagai radang kulit yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Beberapa gejala dermatitis mungkin tumpang tindih. Peradangan dapat bersifat atopik, kontak atau seboroik, tetapi juga dapat mencakup kondisi ringan seperti ketombe.

Memahami dermatitis atopik

Dermatitis atopik, atau eksim, biasanya terjadi pada anak-anak sebagai ruam kering bersisik di wajah dan biasanya muncul pada tahun pertama kehidupan. Dermatitis atopik biasanya merupakan hasil dari reaksi alergi. Ruam dapat muncul tiba-tiba, biasanya gatal, dapat mengeluarkan cairan dan sering membuat sulit tidur.

Pada anak-anak yang lebih tua dari 2 tahun, dermatitis atopik dapat muncul di lipatan siku dan lutut, di leher atau pergelangan tangan, atau di antara bokong atau kaki. Pada anak-anak yang lebih besar ini, kulit dapat menjadi gelap, menjadi bergelombang atau menjadi kasar.

Dermatitis atopik jarang terjadi pada orang dewasa; Namun, ketika itu terjadi, itu mungkin menutupi sebagian besar tubuh, menghasilkan kulit bersisik dan kering tanpa henti.

Memahami dermatitis kontak

Dermatitis kontak terjadi sebagai reaksi terhadap alergen atau iritan, seperti sabun, perhiasan atau tanaman tertentu seperti poison ivy dan poison oak.

Gejala dermatitis kontak termasuk gatal, ruam, lecet dan benjolan pada area tubuh yang bersentuhan dengan alergen atau iritasi.

Reaksi mungkin tertunda di beberapa bagian tubuh yang menerima kontak, mungkin tidak muncul di bagian lain dan bahkan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh jika tertelan melalui makanan, obat-obatan atau cara lain.

Baca Juga: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Memahami dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik paling umum terjadi pada orang yang memiliki kulit atau rambut yang secara alami berminyak dan muncul sebagai ruam bengkak, berminyak, kemerahan yang memiliki skala kerak putih atau kekuningan di permukaan. Bentuk dermatitis ini cenderung meningkat selama bulan-bulan musim dingin tetapi juga dapat disebabkan oleh stres.

Perawatan serupa untuk semua jenis

Di hampir semua jenis dermatitis, perawatannya sama. Bentuk ringan dapat diobati dengan pelembab dan krim yang mengandung steroid.

Orang dengan dermatitis kontak harus mengidentifikasi zat mana yang menyebabkan reaksi alergi. Perubahan gaya hidup mungkin direkomendasikan untuk penderita dermatitis yang disebabkan oleh stres.

 

Sumber: SensiCare

This entry was posted in Bayi, Kesehatan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *